Cara Convert .IMG ke .TAR.MD5 untuk Flash Odin

Sobat sekalian...sebagai user smartphone android Samsung tentu mengenal dan pernah menggunakan Odin untuk urusan penginstalan (flash) suatu Firmware atau custom ROM di android sobat. Atau menginstal file-file kecil lainnya seperti recovery, kernel, file PIT partition ataupun file root yang mana sebagian besar file tersebut harus memiliki format jenis .tar atau .tar.md5 agar Odin dapat menginstalnya.

Jika sobat pernah mengekstrak firmware, disitu akan menjumpai beberapa file didalamnya dengan format .img (contoh: recovery.img dan boot.img). Beberapa custom recovery seperti CWM dan TWRP juga terkadang ditemukan dengan format yang sama dan jenis format ini belum mendukung untuk diinstal menggunakan Odin. Jalan satu-satunya kita harus merubah formatnya lebih dulu dengan cara convert .img menjadi .tar.md5 supaya nanti Odin dapat membaca dan menginstal file tersebut.

Convert .img to .tar.md5

Ada salah satu tool komputer yang mampu convert file jenis format .img menjadi .tar.md5 dengan sekali klik. Tool ini buatan mkh.mourad salah satu member XDA forum. Tak butuh waktu lama recovery.tar.md5 sudah siap diflash menggunakan Odin.

1. Download Tar Tool Odin3, link ada dibawah.

2. Extract Tar Tool Odin3 dan simpan di komputer windows sobat.

3. Pindahkan file .img yang akan di convert, misal CWM recovery atau kernel dan letakkan satu folder bersama file batch didalam folder extract tadi.

4. Rename sesuai nama aslinya, contoh dari recovery_blablabla.img menjadi recovery.img begitu juga kernel.img menjadi boot.img

Convert .img to .tar.md5

5. Double klik atau jalankan ImgToTar.MD5 (batch file) dan CMD akan terbuka dilayar untuk proses convert.

6. Hanya hitungan detik, recovery.tar.md5 dan boot.tar.md5 sudah selesai dibuat dan siap di flash dengan Odin.

Hasil convert .img to .tar.md5

Dengan Tool ini Sobat juga bisa mengconvert, menggabungkan beberapa file sekaligus yang diletakkan dibeberapa direktori atau folder seperti modem.bin, recovery.img dan boot.img yang kemudian nanti hasil convert bisa diambil dari folder AllFiles. Untuk proses flashing sendiri direkomendasikan memakai Odin3 v3.10.7.

Tar Tool Odin3 mirror link - thread asli
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

6 komentar untuk "Cara Convert .IMG ke .TAR.MD5 untuk Flash Odin"

Comment Author Avatar
satu jam cari jalan penyelesaian ini yang jadi. thanks bro
Comment Author Avatar
om, kalo mau ngerubah file zip punya "ROM" biar jadi tar.md5 gimana caranya?bukan boot.img atau recovery.img, tapi Rom. biar bisa langsung diinstall romnya pake odin
Comment Author Avatar
sama, gua juga mau gitu... bisa g bang??