Penyebab Dan Solusi Hasil Foto Kuning Saat Memakai Flash Kamera HP

Penyebab Dan Solusi Hasil Foto Kuning Saat Memakai Flash Kamera HP

Saya tidak sependapat jika ada yang mengatakan faktor penyebab hasil foto jepretan kamera HP agak kuning saat memakai flash itu adalah gara-gara kualitas kamera yang kurang bagus. Faktanya hasil foto saat pengambilan dalam kondisi malam hari atau minim cahaya dengan pengambilan disiang hari diruang terbuka meskipun sama-sama memakai flash terlihat jelas perbedaannya. Dimana foto menjadi kuning jika dilakukan dalam kondisi minim cahaya sedangkan kalau pemotretannya dibawah sinar matahari hasilnya akan normal.

Ini jelas membuktikan bukanlah kameranya yang kurang bagus melainkan faktor seberapa banyak dan kualitas cahaya yang bisa ditangkap oleh lensa kamera itu sendiri.. omongane jan wis kayak photografer aja ya sob... :D. Tapi memang benar sob sebelum membuat artikel ini saya sudah mencari referensi dulu ke situs photografer supaya bisa menjelaskannya disini.

Didalam dunia photografer sangat penting mengetahui tentang istilah Segitiga exposure, dimana untuk menghasilkan foto yang bagus harus mengatur sedemikian rupa mulai dari shutter speed, aperture dan ISO. Dan Ini berlaku untuk kamera DSLR, penjelasan detailnya tentang fungsi dari ketiga itu sobat bisa searching di google. Nah sedangkan untuk kamera HP ternyata semua itu sudah tersedia juga di menu pengaturan kamera, namun ada sedikit perbedaan dalam segi cara pengaturannya. Jika pada kamera DSLR ketiga fitur itu tersedia secara terpisah, lain halnya dengan kamera ponsel dimana untuk mengatur shutter speed dan aperture sudah otomatis digabungin jadi satu yaitu didalam pengaturan Exposure Value (EV) atau disebut juga Nilai pembukaan dan untuk ISO sendiri ada secara terpisah.

Baca juga: Teknik fotografi makro kamera hp

Mengatasi Foto kuning saat pakai Flash kamera HP

Titik penyebab utama hasil foto kuning saat memakai flash kamera ternyata ada pada pengaturan exposure value itu sendiri. Dimana secara default nilainya menunjukkan ke angka 0 padahal kalau diubah secara manual bisa sampai nilai terkecil yaitu -2.0 dan terbesar +2.0. Coba sobat lihat dan bandingkan beberapa foto berikut yang memakai exposure value yang berbeda.

Penyebab Dan Solusi Hasil Foto Kuning Saat Memakai Flash Kamera HP

Sudah jelas bukan dari foto diatas menunjukkan semakin kecil exposure value atau nilai pembukan semakin nampak hasil foto tidak lagi kuning. Jadi kesimpulannya untuk mengatasi hasil foto kuning saat memakai flash sobat harus menurunkan exposure value nya.

Sedikit tips juga, hasil jepretan diatas yang memakai ISO 400 akan sama dengan ISO Otomatis jika berada didalam ruangan (minim cahaya), dan akan menimbulkan sedikit noise atau bercak-bercak. Untuk solusinya sobat bisa menurunkan ke nilai yang lebih kecil, bisa 200 atau nilai minimum 100. Tetapi perlu diingat semakin kecil nilai ISO, maka kecepatan shutter juga semakin melambat. Meskipun begitu hasil foto akan lebih original karena sensitifitas cahaya yang masuk sebagian besar dari flash kamera.

Penyebab Dan Solusi Hasil Foto Kuning Saat Memakai Flash Kamera HP

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan solusi mengatasi hasil foto kuning saat memakai flash pada kamera HP. Mungkin masalah ini tidak semua perangkat mengalaminya, banyak juga kamera hp terutama android yang secara default settingan dari system menghasilkan foto yang bagus dengan bantuan flash, sekalipun dalam kondisi lingkungan yang minim cahaya.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

12 komentar untuk "Penyebab Dan Solusi Hasil Foto Kuning Saat Memakai Flash Kamera HP"

Comment Author Avatar
Hisense pureshot + saya hasilnya kuning, apakah bisa dengan cara seperti ini? thanks
Comment Author Avatar
keren pak,, artikelnya,,, lanjutin
Comment Author Avatar
Gimana mengatasi kamera hp yg hasil fotonya manjdi hijau smua(tanpa menggunakan flash) tpi bila (menggunakan flash) bisa digunakan untuk mengambil gambar
Itu gan ya cara mengatasinya tang bantuan ya
Comment Author Avatar
Ntar hasil nya kurang jelas. Karna pencahayaan nya di kurangin
Comment Author Avatar
Ntar hasil nya kurang jelas. Karna pencahayaan nya di kurangin
Comment Author Avatar
Gimana cara ngatasi kamera yang jika digunain flash pada malam hari gambarnya sedikit keunguan pada bada bagian pinggir kiri
Comment Author Avatar
trimakasih.. sangat membantu
Comment Author Avatar
Benar sekali nih saran, mantap Gan thank you, semoga banyak rizqi nya
Comment Author Avatar
Yang jelas ini produk yang memang disengaja seperti itu. Ga tau apa motifnya. Sama halnya dengan redmi note 3. Paten, ga busa diakal2. Ga bisa diapa2in.
Sata juga pengguna samsung galaxy A02
Comment Author Avatar
Yang jelas ini produk memang dari pabriknya disetting seperti itu (hasil foto kuning saat pake flash). Entah kenapa dibikin begitu. Ga bisa diakal2 ga bisa diapa2in. Paling dgn sdikit trik ada sdikit perubahan tapi ga normal100%. Ga beda dgn xiaomi redmi note3, ya sperti samsung A02. Kuning