Hati-Hati Case Pelindung Bisa Bikin Handphone Jamuran

Tidak selamanya pelindung itu aman, bisa jadi barang yang dilindungi justru malah rusak. Seperti Case handphone pada umumnya dibuat untuk mencegah kotoran debu atau air supaya tidak masuk dan merusak hp.

Tapi percaya atau tidak ternyata case pelindung handphone entah itu terbuat dari karet ataupun plastik bisa bikin handphone jamuran. Android saya contohnya yang sudah jadi korbannya.. back cover asli jadi banyak jamur dan susah dihilangkan.

Hati-Hati Case Pelindung Bisa Bikin Handphone Jamuran

Penyebab handphone jamuran

Ada penyebab utama sebelum hp jamuran. Waktu itu case pelindung masih menempel dan hp saya pakai buat foto-foto di wisata curug, setelah selesai karena basah saya lepas case dan langsung mengelapnya. Disinilah awal mula hp saya jamuran.. dirasa sudah kering saya langsung pakaikan kembali case hp itu.

Hingga hari ke-3 selepas main ke curug, saya berniat untuk mengganti Sim Card, waktu saya copot casenya...waasssemm... back cover dan bezel hp banyak bercak-bercar putih ternyata itu jamur. Pas saya bersihkan tidak bisa semuanya hilang karena banyak cat cover yang sudah termakan jamur, alhasil jadi belang-belang.

Baca juga: Panas Berlebih Bisa Menyebabkan Android Mati

Mungkin jamur ini muncul karena kondisi hp masih lembab terkena air ditambah case yang menutupinya dan dibiarkan berhari-hari akibatnya air tidak bisa menguap dan muncullah jamur.

Mengatasi handphone jamuran

Dari kejadian diatas bisa kita ambil langkah untuk mencegah handphone jamuran.
Jamur muncul karena lembab jadi untuk mencegahnya pastikan handphone jangan sampai dibiarkan dalam kondisi basah.

Dilap saja tidak cukup apalagi yang memakai case pelindung seperti saya, jangan terburu-buru memasangnya. Sebaiknya handphone dikeringkan dulu minimal satu hari tanpa case supaya kelembaban air bisa menguap dan benar-benar hilang.

Hayoo... siapa yang jamuran...? :D
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

11 komentar untuk "Hati-Hati Case Pelindung Bisa Bikin Handphone Jamuran"

Comment Author Avatar
terus gmn cara bersihinnya gan? punya bernasib sama nih hiks
Comment Author Avatar
Kalau sudah ngerak susah dibersihin. Tapi biar nggak parah coba pakai cleaning kit pembersih lcd screen.
Comment Author Avatar
Krna debu yg trllu bnyak menumpuk juga bisa bikin casing jdi lecet n terkikis warna aslinx jdi kyk bintik2 putih gt kyk punx aq😢
Comment Author Avatar
Punya saya jg gan,😢gimana cara bersihkan ny ma gan?
Comment Author Avatar
Gimana cara bersihinnya. Kasih tips dong?
Comment Author Avatar
Itu headphone apa handphone gan? Ane casing bahan plastik
Comment Author Avatar
Pake kayu putih jg bisa gan, ato bisa jg pake alcohol. Bukan cuman kena air aja yg bisa bikin jamuran, maen game nyampe hp panas jg bs bikin jamuran. Soalnya ketika hp panas trus hp di bungkus case, itu bisa bikin lembab. Jd klo kalian gamer, baiknya abis maen game, trus hp nya panas, jgn pake case dulu.. Semoga bermanfaat..☺
Comment Author Avatar
Tapi gak papa kan pakai case selalu asalkan jangan basah
Comment Author Avatar
Ada rekomendasi case yg anti jamur gak gan